Tea Morning bersama Yayasan Irsyadul 'Ibad


 

Agenda Pembinaan & Silaturahim Seluruh Dewan Guru & Karyawan Rutin Yayasan Irsyadul 'Ibad Teamorning yang karena dalam Masa Pandemi ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting dil



aksanakan pada hari Sabtu, 12 September 2020 dari pukul 06.00-08.00 dipandu oleh sekretaris yayasan Ustadz Afit Hikmah Rahmatullah, S.Si. 


Acara yang diikuti oleh seluruh karyawan dari unit TKIT, SDIT 1, SDIT 2, SMPIT, Tabaki (Tahfidz Balita Klub), Mahad Tahfidz dibuka dengan Arahan dari Ketua Yayasan Ustadz Drs. Hidayat Rahman, M.Si


Agenda Teamorning kali ini dibersamai oleh ustadz A'la Rotbi (ustadz Obi, Rangkasbitung) kali ini membahas tentang menjaga keimanan agar tetap istiqomah dijalan Allah yang mengambil kandungan dari Q.S Hud : 12-15.


Secara garis besar kandungan ayat tersebut merupakan bekal agar kami sebagai Agen of Change dalam dunia pendidikan untuk mencetak Peradaban, yang terdiri dalam 9 point pokok, diantaranya adalah :


1. Bagaimana kita senantiasa melibatkan orang lain dalam menjaga keistiqomahan, berada dalam komunitas yang baik dan mencintai kebaikan untuk senantiasa meningkatkan kapasitas & pehamanan (wamintaba'a)


2. Diperlukan adanya proses taubat atau mutabaah wal muhasabah, atau dalam dalam bahasa yang lain perlu proses monitoring & evaluasi atas setiap hal yang telah kita lakukan, agar dapat mengambil langkah yang terbaik dalam episode ke depan (taba)


3. Tidak berlebih-lebihan/melampaui batas (wala tadghou)

- batas-batas secara syariah : menjaga aib saudaranya, menasihati tidak di depan orang banyak, 

- batas-batas secara konstitusi : secara Undang-Undang negara juga aturan daerah 

- batas-batas aturan kelembagaan : taat ada aturan lembaga dimana kita bergabung


4. Menghidupkan ruhul muroqobah, munculnya rasa senantiasa diperhatikan oleh Allah dalam setiap pekerjaan (innahu bima ta'maluna bashir)

Niatkan setiap hal yang kita lakukan karena Allah, bukan karena mau dilihat  baik oleh sahabat atau pimpinan tempat bekerja saja


5. Menjaga diri untuk  tidak condong pada orang yang dzalim atau golongan yang tidak taat pada pemimpin (wala tarkanu ilalladzina dzolamu)


6. Loyalitas terhadap lembaga merupakan wujud dari loyalitas kpd Allah swt


7. Menjaga hubungan dengan Allah dengan menjaga sholat, terutama sholat lail (wakimisholata torofayinnahari wazulafamminallail)


8. Memberikan kompensasi atau konsekuensi secara mandiri atas keburukan/kelalaian kita, agar kita tidak menganggap setiap kelalaian menjadi kesalahan yang kecil yang tidak bisa menjadi besar, sehingga mudah untuk dilakukan (innal hasanati yudzhibnassayyiati)


9. Senantiasa bersabar dalam kesulitan, dalam kemudahan, juga dalam ketaatan meski berat (washbir fainnallah)


Begitu pula dalam hal pekerjaan, niatkan semua karena Allah. 

Jika asupan ruhiyah terisi dengan baik maka jasadiyah akan senantiasa bugar untuk melaksanakan amanah dengan baik pula insyaAllah..

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.